KAI Sebut Layanan Angkutan Barang 2024 Naik 16 Persen

KAI Daop 8 Surabaya

Detiknews.id Surabaya- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya, mencatatkan kinerja positif pada angkutan barang selama periode Januari hingga September 2024.

KAI Daop 8 Surabaya telah mengangkut 2.117.543 ton barang. Untuk layanan angkutan barang KAI di tahun 2024, meningkat 16 persen.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif, menjelaskan bahwa layanan angkutan barang KAI di tahun 2024 meningkat 16 persen. Dibanding periode yang sama pada tahun 2023, yang tercatat 1.832.138 ton barang.

“Pertumbuhan volume angkutan barang ini, menunjukkan tingkat kepercayaan para pelanggan. Tidak hanya mengetahui kereta api sebagai transportasi penumpang, namun juga melayani angkutan barang. Menjamin keselamatan dan ketepatan waktu,” ucap Luqman Arif.

Luqman Arif menjelaskan, bahwa angkutan barang di KAI Daop 8 Surabaya terdiri dari angkutan BBM, angkutan barang retail, dan angkutan barang petikemas. Setiap hari terdapat 15 keberangkatan KA barang, dengan berbagai relasi di Daop 8 Surabaya.

Salahsatu faktor yang menciptakan meningkatnya layanan angkutan barang di KAI Daop 8 Surabaya, yakni tingkat ketepatan waktu perjalanan KA angkutan barang. Pada triwulan 3 tahun 2024 ini, tingkat ketepatan waktu keberangkatan KA barang mencapai 98,09 persen dan ketepatan waktu kedatangan mencapai 87,32 persen.

“Perbaikan performa ketepatan waktu kereta api, diraih melalui peningkatan mutu kinerja operasional secara keseluruhan. Termasuk perawatan sarana dan prasarana. Ketepatan waktu, merupakan salah satu keunggulan dari transportasi kereta api yang bebas macet. Sehingga diminati oleh para pelanggan termasuk pengusaha komoditas,” jelas Luqman Arif.

Informasi terkait kerjasama layanan angkutan barang, bisa dilihat melalui website resmi KAI : cargo.kai.id atau datang langsung ke Kantor KAI Daop 8 Surabaya. Berada di Jalan Gubeng Masjid, Surabaya. (M9)

Komentar

Berita Terkait