Detiknews.id Surabaya – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya menghadirkan inovasi layanan pada pelanggan pada musim penghujan dengan menghadirkan pengering payung. Fasilitas ini sangat berguna bagi pelanggan yang akan menuju stasiun saat hujan, sehingga juga turut menjaga keselamatan bagi pelanggan lain agar tidak ada air yang masih menetes di lantai stasiun.
“Pengering payung ini ditujukan untuk keselamatan dan kenyamanan para pelanggan yang membawa payung saat hujan tiba, menuju stasiun,” ujar Manager Humas KIA Daop 8 Surabaya, Luqman Arif.
KAI Daop 8 Surabaya menyediakan fasilitas ini di 7 stasiun, yang terdiri dari :
– Stasiun Surabaya Gubeng : 2 pengering;
– Stasiun Surabaya Pasarturi : 2 pengering;
– Stasiun Malang : 2 pengering;
– Stasiun Surabaya Kota : 1 pengering;
– Stasiun Mojokerto : 1 pengering;
– Stasiun Wonokromo : 1 pengering; dan
– Stasiun Bojonegoro : 1 pengering.
Para pelanggan dapat menggunakan pengering ini untuk memastikan payung mereka kering sebelum masuk area stasiun atau kereta, yang membantu menjaga kebersihan dan kenyamanan area publik.
“Dengan lantai yang tetap kering, risiko terpeleset pun berkurang, menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi semua pengguna,” ucapnya.
Namun demikian, untuk mendukung keselamatan bersama, KAI juga mengimbau para pelanggan untuk selalu berhati-hati ketika berada di lingkungan stasiun. Perhatikan juga barang bawaan serta perkirakan waktu tempuh menuju stasiun agar tidak terburu-buru dengan jadwal keberangkatan KA.
_*167.733 Tiket di Daop 8 Surabaya Telah Terpesan Selama Nataru 2024/2025*_
Pemesanan tiket KA jarak jauh keberangkatan Daop 8 Surabaya selama Masa Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, atau mulai 19 Desember 2024 s/d 5 Januari 2025 telah terpesan sebanyak 167.733 tiket. Sementara itu, pelanggan yang turun di stasiun wilayah Daop 8 Surabaya tercatat 164.524 pelanggan.
“Para pelanggan keberangkatan di Daop 8 Surabaya masih didominasi dengan KA tujuan Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Jember, dan Banyuwangi,” katanya.
Berikut data stasiun dengan keberangkatan dan kedatangan paling favorit di Daop 8 Surabaya selama Libur Nataru 2024/2025 periode 19 Desember 2024 s/d 5 Januari 2025 :
_Keberangkatan_
– Stasiun Surabaya Gubeng : 45.281
– Stasiun Surabaya Pasarturi : 45.150
– Stasiun Malang : 37.645
_Kedatangan_
– Stasiun Surabaya Pasarturi : 44.663
– Stasiun Surabaya Gubeng : 44.415
– Stasiun Malang : 32.956
Selama Masa Nataru 2024/2025, tanggal paling favorit pelanggan di Daop 8 Surabaya yakni :
– Sabtu (21/12) sebanyak 12.558 pelanggan;
– Jumat (20/12) sebanyak 12.058 pelanggan;
– Minggu (22/12) sebanyka 10.529 pelanggan.
KAI Daop 8 Surabaya mengimbau bagi masyarakat yang akan menggunakan KA untuk menikmati libur Nataru 2024/2025, untuk segera melakukan pemesanan, sehingga dapat memilih jadwal perjalanan sesuai yang diinginkan. KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 54 KA, dengan rincian 46 KA jarak jauh reguler, 6 KA jarak jauh tambahan, dan 2 KA lokal komersial tambahan.
“Total kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak 30.582 tempat duduk setiap hari,” terangnya.(D1)
Komentar