oleh

HUT Lanud Halim ke-67 Diwarnai Lomba Antar Kesatuan

Detiknews.id.Jakarta – Hari ulang tahun (HUT) Lanud Halim Perdanakusuma ke 67 diwarnai dengan berbagai kegiatan dan perlombaan antar satuan.   Satu diantaranya, lomba Triathlon yang digelar di sekitar wilayah Lanud Halim Perdanakusuma, Selasa (6/8/19).

Rangkaian peringatan HUT ke-67 Lanud Halim Perdanakusuma bertepatan dengan peringatan HUT ke-74 RI, yang akan dirayakan pada 17 Agustus 2019 mendatang.   Rangkaian kegiatan dan perlombaan yang dilaksanakan juga merupakan bagian dari peringatan HUT ke-74 RI.

Penetapan hari jadi Lanud Halim Perdanakusuma berlangsung pada 17 Agustus 1952, yang ditandai dengan penggantian nama Pangkalan Udara Tjililitan menjadi Lanud Halim Perdanakusuma, dan bertepatan dengan acara peringatan HUT ke-7 RI, ujar Komandan Skadron Udara 45 Letkol Pnb Yosep Frits Dehaan selaku ketua panita pelaksana.

“Sehingga kegiatan dan perlombaan antar satuan di Lanud Halim Perdanakusuma, tidak semata-mata untuk menperingati hari jadi Lanud Halim Perdanakusuma saja, tetapi menjadi bagian dari peringatan atau turut memeriahkan HUT ke-74 RI, yang waktunya secara bersamaan, lanjutnya.

Hari ini (Selasa, 6/8/19), dilaksanakan pertandingan cabang olahraga Triathlon, yaitu kompetisi yang terdiri dari serangkaian cabang olahraga militer, yang dilaksanakan secara berkesinambungan atau estafet, dan dihitung berdasarkan kecepatan waktu, jelasnya.

“Lomba Triathlon ini di gelar untuk melatih dan membina kemampuan fisik dan mental, ketangkasan, keterampilan, dan memupuk kebersamaan antar prajurit Lanud Halim Perdanakusuma agar selalu harmonis dan solid, tambahnya.

Perlombaan diawali dengan menembak menggunakan pistol jenis Sig Sauer dalam waktu tiga menit di Lapangan Tembak Wing 1 Paskhas dengan sasaran tembak lima plat dan jarak tembak 20 meter, kemudian dilanjutkan lomba sepeda dari Lapangan Tembak hingga kolam renang di Komplek Angkasa sejauh 11 kilometer.  Untuk renang dengan jarak 50 meter, kemudian dilanjutkan dengan lari menempuh jarak lima kilometer dari Kolam renang Angkasa menuju garis finish di Apron Wing I Lanud Halim Perdanakusuma, paparnya.

Keluar sebagai juara I dalam lomba Triathlon ini adalah Skadron Udara 17 dengan waktu 43,37 menit, Juara II  Skadron Udara 45 dengan catatan waktu 43,45 menit sedangkan  sebagai juara ke tiga Skadron Udara 45 dengan waktu 45,26 menit.

Selanjutnya, Letkol Pnb Yosep Frits Dehaan menjelaskan, Perlombaan lainnya yang juga dilaksanakan adalah Badminton, Sepakbola, dan bola volley putra-putri.

“Juara 1 Badminton diraih Dinas Logistik Lanud Halim Perdanaksuma, juara 1 Sepakbola diraih Skadron Udara 17, Bola Volley Putra diraih Skadron Udara 45, sedangkan untuk volley putri diraih Dinas Personel Lanud Halim Perdanakusuma,” lanjutnya.

Kemudian kegiatan lainnya adalah ziarah dan lomba kebersihan pesawat antar skadron.

Komentar

Berita Terkait