HUT Gerakan Pramuka Yang Ke – 57 Kwarcab Pasbar Jelajahi Alam Sampai Ke Bukit Marando Di Nagari Air Bangis

DetikNews.id – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Gerakan Pramuka ke-57 tahun 2018, Ribuan anggota Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) 0317 Pasaman Barat (Pasbar) menggelar Apel Besar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Air bangis, kecamatan Sungai Beremas, Selasa (14/8) dengan tema “Pramuka Perekat NKRI”.

Usai melaksanakan apel besar yang dipimpin langsung oleh Bupati Pasaman Barat, Drs. H. Syahiran, M.M selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka. Mabicab), ribuan peserta anggota pramuka melakukan kegiatan senam bersama dan jelajah alam sampai ke Bukit Marando di nagari Air Bangis, kecamatan Sungai Beremas.

Untuk kita ketahui, Bukit Marando merupakan salah satu destinasi wisata di Pasbar yang berada di kawasan pantai Air Bangis. Kawasan ini biasanya selalu dikunjungi wisatawan lokal sebagai lokasi berfoto ria dan untuk menikmati pemandangan bentangan pantai dan sunset Air Bangis dari kawasan bukit tersebut.

Kegiatan diawali dengan penyampaian kata sambutan Ketua Kwartir Cabang (Ka.Kwarcab) 0317 Pasbar, H. Yulianto, S.H.,M.M yang kemudian dilanjutkan dengan Upacara penaikan bendera dalam rangka HUT Gerakan Pramuka ke-57.

Kegiatan ini turut dihadiri langsung oleh anggota DPRD Pasbar, Hj. Yunisra Syahiran,S.Pd, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dr.Ikhwanri,M.Pd, Camat Sungai Beremas, Yulhamnas, Kapolsek Sungai Beremas, AKP Adri Mardoan, Komandan Pos TNI AL, Wakasat Pol Airud, Ka. Kwarran Sungai Beremas, Khairil Huda, S.H, Andalan pengurus Kwarcab 0317 Pasaman Barat, Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) 0317 Pasaman Barat, Ahmad Romi Nasution, Kamabigus dan pembina penggalang dan penegak dari 11 kecamatan.

Ka.Mabicab Pasbar, H. Syahiran dalam amanatnya mengucapkan selamat HUT Pramuka ke-57, dengan harapan jiwa Gerakan Pramuka tetap semangat, selalu produktif dalam berkarya dan selalu menjadi generasi muda yang inovatif dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sejak awal Pramuka dibentuk adalah sebagai alat pendidikan bagi generasi muda, yang berjiwa patriotisme serta dapat menjadi alat untuk perekat kesatuan dan persatuan NKRI. Oleh sebab itu, Pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di seluruh lini kehidupan bermasyarakat,” ucapnya.

Adapun tujuan dari gerakan pramuka itu sendiri sangatlah mulia, yakni untuk mendidik generasi muda kearah yang positif. Bagaimana para generasi muda ini dapat selalu berpikir positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan pramuka yang sesuai dengan norma-norma kemasyarakatan.

“Pramuka juga merupakan generasi yang memiliki jiwa Pancasila, patuh pada Undang-undang dan setia kepada NKRI sehingga akan sangat bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara,” lanjut Kak H. Syahiran.

Kak Syahiran juga berpesan kepada seluruh anggota gerakan Pramuka untuk terus berkreasi, berkarya dalam wadah gerakan Pramuka dan mengisi usia muda dengan kegiatan positif, jauh dari narkoba dan pergaulan bebas serta setia pada pancasila dan bhineka tunggal ika.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kwarcab 0317 Pasbar, Kak H. Yulianto mengharapkan kepada seluruh komponen pramuka untuk dapat memberikan kesejukan dan tidak terlibat dalam hiruk-piku politik meskipun sebagai warga negara yang memiliki hak politik.

“Saya berpesan, Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan luar sekolah jangan terlibat dalam kegiatan politik praktis, anggota pramuka diharapkan dapat menjadi pendingin ditengah panasnya perpolitikan baru-baru ini dan yang akan datang,” himbaunya.

Sementara, Ketua Kwartir Ranting (Ka. Kwarran) Sungai Beremas, Kak Khairil Huda, S.H menyampaikan rasa bangganya serta ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut serta dalam menyukseskan kegiatan ini dan telah mempercayai air bangis sebagai lokasi tempat berkumpulnya anggota pramuka se-Pasaman Barat.

Begitu juga dari panitia penyelenggara peringatan HUT Pramuka ke-57, Kak Syahruddin MK menyampaikan ucapan terima kasih kepada tuan rumah, atas pelayanan dan kerjasama yang baik mulai dari persiapan sampai dengan pelaksanaan sehingga berlangsung dengan sukses.

“Saya mewakili segenap pengurus Kwarcab 0317 Pasaman Barat mengucapkan terima kasih kepada Ka.Mabiran dan Ka. Kwarran Sungai Beremas yang telah membantu dalam menyukseskan acara akbar ini, mudah-mudahan menjadi amal ibadah bagi kita semua didalam menjalankan kehidupan ini,”ungkapnya dengan penuh rasa haru. (Fikri Haldi)

Komentar

Berita Terkait