oleh

Human Intitiative Gelar Kesiap Siagaan Bencana Hidrometereologi Di Jawa Timur

Detiknews.id Surabaya – Human Initiative menggelar siaga ancaman dan kesiap siagaan bencana Hidrometereologi di Propinsi Jawa Timur. Kegiatan ini disosialisasikan di Human Initiative Building, Jalan Ngagel Jaya Barat II A nomer 1 Surabaya Jawa Timur.

Foto : Para Nara Sumber – detiknewsid/m9

Apel Siaga Bencana Hidrometeorologi Nasional  dilaksanakan serentak di seluruh cabang Human Initiative di Indonesia. Untuk di Surabaya menghadirkan nara sumber, Dr. Ir. Amien Widodo, M. Si – Pakar Kebencanaan ITS, Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Teguh dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur Pinky Hidayati.

Humas Human Initiative Jawa Timur, Deny Ferdyansyah juga Kepala  Bidang Operasional mengatakan, untuk hari ini kami secara nasional itu melakukan apel siaga bencana hidrometeorologi yang memang kita sudah siapkan dalam rangka untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi yang ada di Indonesia dan di Jawa Timur.

” Kami melakukan apel siaga kemudian dilanjutkan dengan human multi talk. Jadi kita menghadirkan dari pihak BMKG memberikan penjelasan terkait dengan situasi, prakiraan cuaca di Jawa Timur khususnya. Dari BPBD Jawa Timur itu lebih kepada upaya mitigasinya, ” tuturnya. Rabu (08/01/2020)

Foto : Para Nara Sumber dan tim Human Initiative – detiknewsid/m9

Lanjut Deny, kami undang nara sumber dalam rangka  untuk menguatkan apakah dari akademis punya riset atau pengembangan. Yang nanti akan dilakukan atau disosialisasikan kepada masyarakat, supaya mereka bisa antisipasi terhadap bencana hidrometeorologi ini.

info DetikNews.ID

lanjut baca berita

” Kesiapannya kami menyiapkan logistik kemudian peralatan terkait dengan kebencanaan kemudian juga menyiapkan SDM untuk relawan kami insyaallah disetiap 38 kabupaten kota, itu ada koordinator relawan yang sudah kami siapkan sedangkan untuk logistik sendiri dan peralatan itu nanti kita akan support dari cabang di Surabaya, ” ungkapnya.

Deny menambahkan, kesiapannya untuk relawan Jawa Timur tetep kita kordinasi kan tetep lewat WA pantau terus kondisi di wilayahnya terutama yang nanti mungkin yang paling akan kita sering pantau itu banjir kemudian tanah longsor di daerah wilayah.

” Teman-teman relawan yang di Jawa timur bagian selatan itu kita himbau supaya juga mengantisipasi kondisi itu. Kami punya 3 lokasi kantor di daerah Surabaya, Malang dan Lumajang. Jadi mereka akan jadi koordinator dari setiap region di wilayah Jawa Timur itu nanti,” pungkasnya.

Foto : Persiapan pasukan Humam Initiative dalam kesiap siagaan bencana – detiknewsid/m9

Untuk Surabaya region di daerah Surabaya Jawa Timur Utara. Daerah Malang merupakan Jawa Timur bagian Barat. Sedangkan Lumajang nanti akan jadi kordinator kesiapsiagaan bencana di Jawa Timur bagian timur.  Basis data semuanya sesuai mekanisme dan SOP bencana. Setelah itu akan dipantau selama 1 kali 24 jam. Kalau dirasa dibutuhkan maka Human Initiative menerjunkan timnya.

Human Initiative merupakan lembaga kemanusiaan yang berdiri sejak tahun 1999 dan telah memiliki SK Mensos RI No.584/DYS/2017, serta tercatat di PBB sebagai NGO in Special Consultative Status with the Economic and Social Council of the United Nations. Human Initiative bergerak dalam aktivitas pemberdayaan masyarakat, kebencanaan, pendidikan bagi anak-anak kurang mampu dan pengelolaan program CSR. (M9)

Komentar

Berita Terkait