oleh

Gubernur Papua Barat Ibadah dan Rayakan Natal Bersama Warga Kodam XVIII/Kasuari

Detiknews.id – Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan tampak hadir berdampingan dengan Pangdam XVIII/Kasuari dan Kapolda Papua Barat, ditengah-tengah Umat Kristiani warga Kodam XVIII/Kasuari dan tamu undangan lainnya dalam kegiatan Ibadah dan perayaan Natal tahun 2019, Kamis (12/12/2019) malam di Aula Makodam XVIII/Kasuari, Arfai I, Manokwari, Papua Barat.

info DetikNews.ID

lanjut baca berita

Dalam sambutannya, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau menyampaikan harapannya, semoga perayaan Natal tersebut dapat membawa kedamaian, kebahagiaan, dan kesejahteraan bagi segenap umat, sekaligus dapat memberikan semangat dan harapan baru bagi seluruh masyarakat Papua Barat, dalam membangun daerah, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lebih lanjut diungkapkan Pangdam, merayakan Natal bukanlah hanya sekedar kebiasaan atau tradisi semata, melainkan harus benar-benar murni dalam pengakuan iman atas kelahiran Yesus Kristus Sang Putra Natal Penebus Dosa umat manusia, sehingga Natal akan membawa makna bagi diri kita sendiri, keluarga, dan Umat Kristiani khususnya, serta warga masyarakat pada umumnya.

Tema perayaan Natal 2019 yang digelar warga Kodam XVIII/Kasuari ini bertemakan “Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang” (Band. Yohanes 15 : 14 – 15 ) dan sub tema ”Dengan Suka Cita Natal, Kita Perkokoh Semangat Patriot Pembela Rakyat, Sebagai Sahabat Rakyat Untuk Menjadikan Papua Barat Damai Dan Sejahtera.

“Tema dan sub tema ini adalah sinergitas kehidupan manusia dan Tuhan serta sesama untuk menjadikan makna kelahiran Yesus Kristus di hati setiap umat percaya, untuk menumbuhsuburkan makna mencintai, mengasihi, dan menghargai kehidupan multi etnis, guna diramu dalam rangka menjadikan diri kita sebagai sahabat bagi semua orang,” ujar Mayjen TNI Joppye.

Sementara itu Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam suasana Natal sebagaimana yang dirasakan umat Kristiani saat ini adalah suasana damai dan penuh kerukunan. Hal ini sesungguhnya menjadi cita-cita kita semua untuk menciptakan suatu tata dunia yang damai, adil, dan harmonis.

Menurut Gubernur, dalam dunia kehidupan dunia yang bebas dari konflik, kekerasan, penindasan, dan peperangan, umat manusia akan hidup dengan penuh persaudaraan dan saling mencintai.

“Sebagai Gubernur, saya mengajak kepada kita semua untuk melibatkan diri secara proaktif dalam berbagai upayamembangun masyarakat yang damai dan memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan umum dalam rangka mewujudkan Papua Barat yang semakin terdepan dalam mengimplementasikan Papua Barat sebagai rumah bersama,” ujar Dominggus Mandacan.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Gubernur Papua Barat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pangdam XVIII/Kasuari dan seluruh umat Kristiani, sekaligus kepada warga Ikatan Keluarga Onate Aruisai di Manokwari, atas kebersamaannya dalam ibadah dan perayaan Natal kali ini.

“Saya berharap, umat Kristiani dapat merefleksikan tema ”Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang” demi membangun Papua Barat yang bermartabat,” katanya.

Dalam perayaan Natal Kodam XVIII/Kasuari tahun 2019 ini juga dilakukan ibadah, dengan Pengkhotbah Pendeta S. Zimbiak, S.Si. Teol.

Hadir dalam acara tersebut, Wagub Papua Barat,Ketua DPRD, Ketua MRP, Sekretaris Daerah, Kepala Kemenag Papua Barat, Kasdam XVIII/Kasuari, para Asisten dan Kabalakdam XVIII/Kasuari, Dansat Brimob Polda Papua Barat, Ketua Sinode GPKAI, Ketua PGGP, Ketua Klasis GKI Manokwari, Ketua Majelis/Stasi/Gembala Jemaat Gereja-Gereja sekitar Kodam XVIII/Kasuari, para Kepala Suku-Suku Nusantara, para pimpinan Bank yang ada di Manokwari, keluarga besar Onate Aruisai, Obet Ayok, serta para Prajurit dan PNS Kodam XVIII/Kasuari.

Pewarta: Daniel

DIRGAHAYU TNI 75

Komentar

Berita Terkait