Eksotis Batik Banesa Gunakan Pewarna Tanah, Unesa Gandeng UMKM

Detiknews.id Surabaya – Eksotis Fashion Banesa Batik Tanah Unesa, pecinta Batik wajib koleksi fashion ini. Batik inisiasi Irma Russanti, S.Pd., M.Ds, kesehariannya sebagai Dosen d4 Tata Busana Program Vokasi Universitas Negeri Surabaya. Selain itu, produk Banesa ini merupakan produk unggulan Vokasi Universitas Negeri Surabaya. Bagi yang berminat bisa mengunjungi galeri Banesa berada di depan gedung K9 Program Vokasi Unesa Jalan Ketintang Gayungan Surabaya.

Saat dijumpai di galeri Batik Banesa, Irma Russanti, S.Pd., M.Ds menuturkan, selama 20 tahun saya mengabdi, terciptalah Batik Banesa. Batik ini mempunyai keunikan, keistimewaannya adalah menggunakan bahan alam yaitu pewarnanya menggunakan tanah.

“Batik kami menggunakan bahan alami, pewarna tanah. Selama ini belum ada yang menggunakan di Indonesia. Bahan alami pewarna tanah ini tidak mudah didapatkan, tidak semua bahan tanah mengandung unsur pewarna yang bagus untuk digunakan Batik,” tuturnya.

Lanjut Irma, kami bekerjasama dengan UMKM. Disini, sebagai Dosen kami menginisiasi bagaimana agar produk yang kami sajikan berkualitas. Selain itu, bisa membudayakan masyarakat. Hasil penelitian ini didukung oleh Universitas Negeri Surabaya.

“Produk kami sudah dipatenkan dan sudah terdaftar di HAKI. Karya yang kami produksi sudah mengeluarkan ratusan jenis Batik. Pemasarannya, kami melalui online dan offline. Produk kami sudah sampai mancanegara, juga menjadi koleksi kolektor Batik. Hal ini sangat membanggakan kami,” terangnya.

Batik Banesa / M9

Menurut Irma, awalnya penelitian ini mulai dari tahun 2014. Hingga kini kami mencari dan meneliti tanah yang bisa menyerap ke kain. Unsur pewarna ini harus bisa digunakan sebagai Batik.

Komentar

Berita Terkait