oleh

Rafit Test Massal Bagi Pengunjung Warkop dan Café Yang Nongkrong di Malam Hari

Detiknews.id, Melawi-Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Melawi bergerak bersama TNI-Polri dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta petugas Satpol PP Melawi melakukan penyisiran dengan mendatangi warkop dan cafe yang berada di Nanga Pinoh guna melakukan rapid test massal, Kamis malam (25/06/2020).

Rapid test itu dilakukan terhadap para pengunjung warkop dan cafe. Namun, para pekerja lebih diprioritaskan, sedangkan pengunjung diminta secara suka rela ikut melakukan pemeriksaan.

“Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan dan penularan virus Corona melalui warung kopi, cafe dan pusat kuliner.

Pemeriksaan menggunakan rapid test itu langsung dilakukan di tempat oleh para tenaga kesehatan yang mengenakan baju pelindung (hazmat). Dan tim untuk melakukan rafid test massal dibagi menjadi tiga tim.

info DetikNews.ID

lanjut baca berita

dr. Tanjung H Tampubolon, Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Melawi mengatakan, rapid test secara massal ini dilakukan guna melihat sebaran Covid-19.

Nantinya jika ada yang positif langsung kita arahkan untuk melakukan langkah selanjutnya sesuai dengan prokoler kesehatan.

“Kami melakukan rapid test secara massal, pertama kami mulai di warung kopi, cafe dan kuliner. Kami sudah melakukan pendataan melalui KTP nya, kalau nanti ada yang positif sehingga bisa kita melakukan penanganan lebih lanjut,” kata dr Tanjung.

Target dari rapid test massal malam ini dilakukan secara berkala, kemudian juga akan dilanjutkan malam-malam berikutnya. “Ada 300 alat rafid test disiapkan, serta tiga tim yang melakukan rafid test pada malam ini, tetapi akan dilakukan secara berkala, besok malam juga dilakukan,” ujarnya.

Tujuan kami melakukan rafid test ini sebagai langkah pencegahan dini untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona terutama di pusat keramaian, seperti kuliner, warkop dan cafe,” ungkapnya.

(R. O. Manalu)

Komentar

Berita Terkait