oleh

Dinas LH Belitung Bersihkan Puing Rehap Pasar

Print This News Print This News

Belitung, detiknews.id – Bicarakan soal sampah memang tidak ada habisnya, hal ini seperti terjadi di Pasar Tanjungpandan, Kabupaten Belitung yang merupakan Tanggung Jawab Dinas KUKM UPT Pasar.

info DetikNews.ID

lanjut baca berita

Sebelumnya Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung pernah melakukan Sidak pada (15/11/2019) ke Pasar Tanjungpandan terkait sampah bersama Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Belitung Hendra Pramono,SE bersama Ketua Komisi II Taufik Rizani dan Anggota serta Dinas KUKM UPTD Pasar.

Dan hal ini terjadi kembali, tumpukan puing-puing sampah bekas bangunan bercampur dengan sampah limbah ayam membuat Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung melalui Tim Satgas Lebah dan Kebersihan harus turun tangan membersihkan. Jumat (22/11/2019) pukul 13.00 Wib.

Karena adanya aduan dari Masyarakat yang langsung ke DPRD Kabupaten Belitung terkait sampah sisa puing-puing yang menumpuk dan sampah limbah ayam yang tergenang di lokasi pasar Tanjungpandan.

Dalam konfirmasi dengan Edi Usdianto,ST selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten yang sedang Dinas Luar melalui pesan Whatsapp mengatakan.

“Dalam Sidak dengan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Belitung bersama Ketua Komisi II Taufik Rizani dan Anggota serta Dinas KUKM UPTD Pasar minggu lalu telah diberikan Himbauan dan Arahan kepada Pedagang khususnya Limbah ayam dan tentang sampah di Pasar Tanjungpandan ini.

“Dan malah terjadi Aduan yang langsung ke DPRD Kabupaten Belitung oleh Masyarakat tentang sampah ini, apalagi itu bekas Material puing-puing Rehab pasar dan ini kan bukan kerjaannya Dinas Lingkungan Hidup.” Tulis Edi Usdianto.

“Kenapa Dinas KUKM UPT Pasar tidak Bertanggung Jawab dengan Sisa bekas Material Puing-puing Rehap Pasar yang menumpuk dan menyebabkan Limbah ayam menjadi menumpuk.

“Sekali ini Dinas Lingkungan Hidup siap membersihkannya untuk Nama Pemda Belitung dan Kedepannya kita tidak akan bersedia Membersihkan. Harusnya UPT Pasar memahami karena pernah sama-sama di Sidak oleh Anggota DRPD.

“Dan Pertanggal 1 Januari 2020, Kita Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung hanya menemptakan 4 Petugas di TPS Kontainer dan di pasar ikan, tidak ada lagi Petugas Penyapu Pasar, karena pasar berada dibawah Tanggung Jawab Dinas KUKM dan sudah ada UPT Pasar.” Tegas Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

“Kami menjelaskan ke Masyarakat Belitung, bahwa Pasar Tanjungpandan itu punya Managemen sendiri oleh UPT Pasar yang berada dibawah Dinas KUKM, dan bukan berada di Dinas Lingkungan Hidup.” Tulisnya kepada detiknews.id

Dari hasil Eksekusi pembersihan Sisa bekas Material Puing-puing Rehap Pasar bercampur Limbah ayam oleh TimSatgas Lebah dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup, terangkut sebanyak 1 Truk sampah yang langsung di Buang ke TPA.

(Lucky)

DIRGAHAYU TNI 75

Komentar

Berita Terkait