oleh

Dengan Jumlah Penduduk 3,5 Juta, Pemkab Tangerang Akan Bangun RTH

Detiknews.id.Tangerang – Kabupaten Tangerang dengan jumlah penduduk 3,5 juta jiwa dengan sebagian penduduk urban yang cukup tinggi dibeberapa wilayah kecamatan diantaranya Cikupa, Pasar Kemis dan Balaraja. Sehingga pemerintah daerah harus terus membangun fasilitas umum untuk menyenangkan masyarakatnya.

Pemerintah Kabupaten Tangerang berencana akan membangun Ruang terbuka Hijau (RTH) di lapangan balaraja yang luasnya lebih kurang 7000 meter, selain RTH nantinya akan dibangun juga taman bermain ramah anak, sarana olahraga, lapangan upacara hingga panggung pentas seni yang akan menjadi tempat rekreasi masyarakat balaraja dan sekitarnya.

“Kita bangun RTH dibalaraja, dan dilengkapi sarana olahraga dan taman bermain ramah anak dan lansia untuk kegiatan masyarakat berolahraga sekaligus rekreasi diwilayah balaraja,” ungkap Sekretaris Daerah H. Moc. Maesyal Rasyied usai meninjau lokasi lapangan balaraja. Rabu, 12/06.

Kita akan bangun lengkap dengan fasilitas yang didalamnya masyarakat nyaman bermain di RTH Balaraja ini, lanjut sekda, sekarang kita sudah buat site plannya dan sesuaikan dengan luas lahan perencanaan terus kita lakukan.

“RTH ini kita buat nyaman untuk masyarakan, baik taman bermain sarana olahraga hingga joging trac untuk masyarakat,” ujar Sekda yang akrab di sapa Rudi Maesyal.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Saifullah menambahkan, kita semua tim lintas OPD membangun RTH dengan perencanaan yang lengkap mulai dari Dinas Tata Ruang dan Bangunan, Dinas Perumahan Pemukiman dan Pemakaman, Dinas Bina Marga dan SDA, dan Bagian kerjasama Setda Kabupaten Tangerang.

“Hari ini tim meninjau langsung kelapangan balaraja, untuk anggaran kita akan rencanakan diperubahan oleh setiap OPD masing-masing demi terwujudnya pembangunan RTH,” terang saifullah.

Sekretaris Camat Balaraja Arif mengungkapkan, konsep yang diinginkan sebagian masyarakat Balaraja yaitu RTH yang juga sekaligus berfungsi sebagai ruang publik terpadu, artinya mengcakup semua usia untuk dapat memanfaatkan ruang tersbut, diantaranya balita remaja, hingga kaum lansia. Remaja sendiri kita siapkan wall climbing, street gym, skate park dan panggung kesenian, disiapkan pula taman lansia dan joging track untuk para keluarga yang melakukan olahraga disana.

“Keinginan masyarakat balaraja kita akan wujudkan, mudah-mudahan pembangunan ini akan terwujud secepatnya untuk masyarakat,” ujar Arif. (tisna).

Komentar

Berita Terkait