Danrem 121/Abw Buka Latma Kekar Malindo-43AB/2019 Indonesia – Malaysia

Detiknews.id, – Pangdam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab diwakili Danrem 121/Alambhana Wanawwai, Brigadir Jenderal TNI Bambang Trisnohadi didampingi Panglima 3 Briged, Brigjen TDM Mohd Isa Bin Jafar membuka Latihan Bersama (Latma) Kekar Malindo-43AB/2019 antara TNI Angkatan Darat dengan Tentera Darat Malaysia di Depo Pendidikan Bela Negara Rindam XII/Tpr, Kota Singkawang, Rabu (24/7/19).

Latihan bersama Kekar Malindo kali ini melibatkan sebanyak 120 personil TNI AD dari Yonif 645/Gardatama Yudha, dan 30 personel TDM dari Batalyon 10 Rejimen Renjer Diraja (RRD) yang dilaksanakan pada tanggal 24 Juli sampai dengan 2 Agustus 2019, merupakan latihan bilateral antara TNI AD dan TDM yang diselenggarakan tiap tahun secara bergantian di kedua negara. Adapun materi latihan yang akan dilaksanakan yaitu latihan simulasi tempur, latihan patroli keamanan dan latihan serangan pemukiman.

Baca Juga
Jalin Komunikasi Pangdam XII/Tpr Kunjungi PT Steadfast Marine

Latihan secara resmi dibuka oleh Danrem 121/Abw, Brigadir Jenderal TNI Bambang Trisnohadi ditandai dengan pemasangan pita oleh Danrem 121/Abw dan Panglima 3 Briged, Brigjen TDM Mohd Isa Bin Jafar kepada perwakilan peserta latihan dari TNI AD dan TDM.

Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab dalam sambutan yang dibacakan Danrem 121/Abw, Brigadir Jenderal TNI Bambang Trisnohadi mengucapkan selamat datang kepada Panglima 3 Briged TDM beserta jajarannya di Rindam XII/Tpr.

“Saya ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada penyelenggara, para pelatih dan pendukung dalam mempersiapkan latihan bersama ini, semoga dapat berjalan dengan lancar,” ucap Pangdam XII/Tpr.

Disampaikan juga, adapun tujuan dilaksanakannya latihan bersama ini adalah, untuk melatih prajurit Kompi Senapan Batalyon Infanteri dalam pelaksanaan Operasi Bersama antara TNI Angkatan Darat dengan Angkatan Darat Malaysia.

Baca Juga
Pangdam XII/Tpr Tutup Latma Kekar Malindo-43AB/2019 Indonesia - Malaysia

“Selain itu, tujuan kegiatan kerja sama bidang pertahanan antara TNI AD dan TDM adalah untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan taktik dan teknik bertempur prajurit,” jelasnya.

Masih dalam sambutan, Pangdam XII/Tpr mengatakan, latihan bersama tersebut perlu dilakukan secara terus menerus, dikembangkan dan ditingkatkan agar terwujud keterpaduan prosedur, taktik, teknik dinamika patroli dalam operasi terkoordinasi Malindo untuk mengatasi permasalahan keamanan di sepanjang kawasan perbatasan RI-Malaysia.

Ditegaskan oleh Pangdam XII/Tpr pada prajurit Kodam XII/Tpr yang terlibat dalam latihan bersama, agar senantiasa menjalin hubungan yang harmonis dengan prajurit TDM, melaksanakan tugas dengan menjunjung tinggi kehormatan sebagai dasar, sehingga sasaran latihan dapat dicapai sesuai yang diharapkan, dengan tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan baik personel maupun materiil.

Baca Juga
Peroleh Prajurit Unggul, Rekrutmen TNI AD Objektif dan Transparan

“Jadikan latma ini sebagai simbol kebersamaan dan sarana meningkatkan persahabatan antara TNI AD dan TDM di dalam menjaga kedaulatan negara yang berbatasan darat. Selamat berlatih,” pungkas Pangdam XII/Tpr mengakhiri.

Pewarta: Daniel

Komentar

Berita Terkait