oleh

Cegah Abrasi, Koramil 414-04/Membalong Hijaukan Pantai

Membalong, Detiknews.id — Dalam rangka Pembinaan Teritorial guna melestarikan Lingkungan di wilayah Kodim 0414/Belitung, Koramil 414-04/Membalong yang dipimpin Batuud Peltu Ucahyadi bekerjasama dengan Ketua HKM Belantu Jaya mengelar Penanaman Mangrove di Pantai Merida Dusun Sabung Desa Tanjung Rusa Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung.Jumat (24/07/2020).

Kegiatan penanaman mangrove ini melibatkan Personil Kodim 0414/Belitung, Polres Belitung, Kecamatan Membalong, Pemerintah Desa Yanjung Rusa, HKM Belantu Jaya, Pramuka, dan masyarakat.

Dandim 0414/Belitung dalam sambutannya yang di bacakan oleh Mayor Inf Trijoyo mengatakan,” Mari bersama – sama kita melestarikan ekosistem pantai di wilayah Kabupaten Belitung.

Kita ketahui bersama kondisi pantai di Kabupaten Belitung ini sangatlah memperihatinkan di tambah lagi adanya penambangan Timah ilegal oleh oknum yang tidak bertanggungjawab sehingga perairan kususnya di tepi pantai menjadi keruh dan penuh dengan lobang-lobang bekas dari dampak penambangan.

info DetikNews.ID

lanjut baca berita

Kerusakan Pantai ini berdampak berkurangnya hasil tangkapan ikan para nelayan, selain sebagai penghijauan penanaman Mangrove ini juga memperindah sebagai aset dan tujuan pariwisata yang dapat membuka lapangan kerja.

Dengan tema “Bersama Lestarikan Bumi Indonesia demi Masa Depan Penerus Bangsa”sebagai penerus perjuangan, kita harus selalu peduli terhadap kelestarian alam, maka dengan metode gotong royong kita laksanakan penanaman mangrove, kita pelihara dan kita jaga bersama untuk masa depan anak cucu kita.

Kita harus merubah mindset kita kedepannya agar tidak selalu mengandalkan hasil tambang, mari kita majukan sektor Pertanian, Pariwisata, dan sektor kelautan seperti menanam rumput laut, kepiting bakau, dan menangkap ikan di laut. sehingga dapat menambah pendapatan masyarakat, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Belitung,” jelas Dandim.

Hadir dalam penanaman Mangrove, Kasdim 0414/Belitung Mayor Inf Trijoyo, Kapolsek Membalong AKP Kariyadi, Camat Membalong Oskar STTP, Ketua HKM Belantu Jaya Zaini, Sekdes Tanjung Rusa Rubista dan undangan 150 orang.(ar/edi)

Komentar

Berita Terkait