oleh

Bupati Karo Secara Resmi Buka Turnamen Catur Modramen GBKP, Hadirkan Master Internasional

Detiknews.id Karo – Suku Karo sejak zaman nenek moyang peradaban sudah memiliki keunikan dan kepintaran serta memiliki keunggulan tersendiri dalam bermain olahraga catur.

Buktinya, ada beberapa orang Karo yang sukses bergelar Master Catur Nasional maupun internasional dalam kancah pertandingan catur dan telah mengharumkan nama Indonesia.

Nah, untuk mencari bibit-bibit muda atlet catur agar bisa seperti Grandmaster (GM) Cerdas Barus, Master Nasional (MN) Tuti Rahayu Beru Sinuhaji, Master Internasional (MI) Nasib Ginting, MF Sarwan Ginting, Monang Sinulingga dan Master Internasional (MI) Gilbert Elroy Tarigan yang masih berusia muda.

Moderamen Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) menggelar Catur Open Turnamen 2019 di PPWG Zentrum, Kabanjahe selama tiga hari, mulai dari tanggal 17-19 September 2019.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH saat membuka kegiatan catur ditandai dengan melangkahkan bidak dipapan catur didepan Raja, sebanyak dua langkah di majukan, Selasa (17/09/2019),sebagai tanda acara resmi dibuka.

Menurut Terkelin Brahmana sangat mengapresiasi digelarnya turnamen catur oleh Moderamen GBKP sekaligus ini mencari bibit bibit baru dalam memajukan dunia percaturan di Kabupaten Karo khususnya,”Ujarnya.

Dimana sejak dulu, bahkan sekarang ini banyak orang Karo yang telah sukses menjadi master catur nasional maupun internasional, ini realitas fakta sejarah,” Ungkapnya.

“Semoga dengan terselenggaranya turnamen catur ini, bisa menjaring atlet-atlet berbakat dari Karo. Begitu juga dapat mengikuti jejak-jejak master catur asal Karo yang sudah terkenal dikancah nasional dan internasional,”ujar Bupati.

Sementara Ketua Percasi Karo, Osaka Hendra Ginting menyebut bila turnamen catur GBKP bersama BNNK Karo guna mencari bibit-bibit atlet berbakat dan berkualitas.

“Selain itu, untuk membentuk karakter anak sejak dini agar tidak terjerat dari narkoba. Dengan aktifitas beradu kepintaran dalam olahraga catur, semua yang negatif-negatif akan buyar,”ujar Osaka.

Osaka juga berharap Moderamen GBKP dapat melanjutkan turnamen catur ke tingkat yang lebih tinggi. Mudah-mudahan dengan hadirnya Master Internasional (MI) muda Gilbert Elroy Tarigan dapat menjadi inspirasi bagi calon-calon pecatur muda Karo.

Lebih lanjut dikatakannya, peserta yang mengikuti turnamen catur ini berjumlah 194 orang putera-puteri, ada kategori SD ada 58 orang, SMP 56, SMA 41 dan umum ada 39 orang peserta.

“Untuk kategori umum dilombakan catur internasional dan catur Karo,”ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Ketua Moderamen GBKP Pdt. Agustinus Purba, S.Th MA Diselenggarakannya turnamen catur guna meningkatkan kreatifitas dan inovatif anak-anak dan menjauhkan dari hal-hal negatif seperti narkoba.

“Turnamen yang kami selenggarakan ini untuk mencari bibit baru yang berbakat. Mereka sebagai generasi muda berbakat, kita juga akan menyediakan sarana atau fasilitas agar bakat mereka terealisasi,”sebut Ketua Moderamen.

Amatan wartawan, sebelum pembukaan, MI Gilbert Elroy Tarigan mempertontonkan catur buta (tanpa melihat papan catur) dengan lawan tanding bermain 1 lawan 3. Permainan begitu sengit, ketiga lawan dapat ditaklukkan dengan waktu yang cepat dan tepat.(ius)

Komentar

Berita Terkait