Bersama Rombongan, Kapolri dan Panglima TNI Kunjungi Pos Pam Ngawi Jawa Timur

Detiknews.id – Kapolri Jenderal Pol. Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D melakukan kunjungan kerja ke Ngawi Jawa Timur, dalam rangka peninjauan arus mudik di wilayah ngawi, Jawa Timur, Sabtu, (01/06/2019).

Kapolri dan Panglima TNI kunjungi Rest Area KM. 575 A Mantingan Ngawi, Jawa Timur. Lokasi tersebut merupakan terusan tol trans jawa, yang akan dilalui untuk pemudik dari daerah Jawa Tengah menuju Surabaya Jawa Timur.

Acara dilaksanakan dengan pengantar Kapolda Jawa Timur, tentang situasi arus mudik di daerah ngawi. Kemudian dijelaskan oleh Dirlantas Polda Jawa timur.

Selanjutnya, arahan dari Panglima TNI, menjelaskan tentang Pengamanan Lingkungan, Mengamankan lingkungan yang ditinggal mudik oleh pemiliknya, agar kerjasama dengan satpam ataupun security di masing masing wilayah.

“Kemudian diwaspadai antisipasi bencana alam, seperti gunung merapi. Dibuatkan cara evakuasi maupun pengungsian yang disiapkan apabila bencana alam terjadi,” tegas Panglima TNI.

Kemudian Kapolri menekankan, bahwa selama pengecekan mengamati dari kemarin jalur mudik. Secara umum arus mudik dari Jakarta lancar. Adapun kelancaran terjadi disebabkan, Pertama karena Infrastruktur baik, adanya trans jawa sangat membantu pemudik maupun petugasnya.

Kedua waktu pemudiknya panjang, ada yang dari hari rabu, kemudian kamis tanggal merah isa almasih, ataupun yang jumat masih masuk, sabtunya baru libur.
Rekayasa Dirlantas sudah sangat tepat. Arus mudik ke Jawa Timur tidak sebanyak yang ke Jawa Tengah, kata Kapolri Jenderal Pol. Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D.

Kemudian tentang pengamanan, Yang perlu diwaspadai, “Patroli Pengamanan Khusus untuk rumah rumah yang ditinggal mudik agar tidak kecurian. Kemudian tempat hiburan yang perlu diwaspadai. Dicek pengamanan Kapal, kemudian pelampung. Juga di pantai harus ada timnya, seperti dari Basarnas dan backup dari TNI Polri.

Komentar

Berita Terkait