Bayi Suku Mausu Ane Lahir Dengan Selamat di Kamp

Detiknews.id – Sebuah kabar gembira bagi warga Komunitas Adat Terpencil (KAT). Pasalnya seorang bayi mungil lahir dengan selamat di Kamp Penanggulangan Bencana Suku Mausu Ane Kodam XVI/Pattimura, yang berada di Dusun Siahari, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah pada Selasa (11/09) pagi.

Bayi tersebut lahir dalam keadaan sehat dengan bantuan tim Bidan Puskesmas Pasahari B Ibu Adriana Malaiholo bersama anggota Satgas Penanggulangan Bencana Suku Mausu Ane.

Kepala Penerangan Kodam XVI/Pattimura, Kolonel Arm Sarkistan Sihaloho mengatakan, anak dari Ibu Marlina Siatam (21 Tahun) warga Suku Mausu Ane, lahir dengan jenis kelamin laki-laki secara normal dan berat mencapai 2,8 Kg.

Melahirkan di tenda Kamp menjadi pengalaman yang menegangkan bagi orang tua bayi tersebut. Sebelumnya Satgas Kodam XVI/Pattimura pernah membantu proses persalinan bayi warga Suku Mausu Ane tetapi bayi tersebut telah meninggal dunia diakibatkan lahir prematur.

Baca Juga
Kapolda Jatim Beri Ucapan Selamat ke 477 Personel Naik Pangkat

Kodam XVI/Pattimura selain memberikan bantuan baik bahan panggan dan obat-obatan, juga memberikan pendampingan berupa bantuan jasa, misalnya pelayanan kesehatan, seperti dokter atau bidan. Hal ini diperlukan untuk memastikan kondisi kesehatan masyarakat Suku Mausu Ane tetap sehat. Seluruh tenaga medis yang ada disiapkan ditengah keterbatasan, walaupun masalah bahasa masih menjadi kendala, tetapi mereka tetap memastikan perawatan aman dan baik bagi warga yang akan melahirkan.

“Ada banyak tantangan, tapi bahkan dalam keadaan sulit dan serba terbatas, ada kebahagiaan tersendiri bagi setiap orang yang membantu persalinan mereka”, ujar Kapendam.

(D.Manurung)

Komentar

Berita Terkait