oleh

Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan dan Antisipasi Karhutla Dipimpin Kapolres Malang

Detiknews.id – Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, SH, SIK, MSi pimpin apel gelar pasukan kesiapsiagaan dan antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) wilayah kabupaten Malang, Jumat (24/08/2018), bertempat di Lapangan Taman Wisata Precet Forest Park Dsn. Precet Ds. Sumbersuko Kec Wagir Kab Malang.


info

DetikNews.ID


AKBP Teddy Chandra S.I.K

setelah ini


lanjut baca berita


Dalam amanatnya, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, SH, SIk, MSi mengcapkan terima kasih dan selamat datang kepada para undangan dan peserta apel Gelar yang hadir dalam Apel kesiap siagaan antisipasi kebakaran hutan dan Lahan (KARHUTLAH)

Dipaparkannya, terkait isu Karhutla ini bukan saja menjadi isu lokal dan nasional tetapi sudah menjadi isu internasional. Untuk itu kita harus tanggulangi secara serius bersama-sama. Kita ingat di tahun 2016, singapura dan malaysia protes atas asap karhutla dari Infonesia. Tahun 2018 ini di Kalteng ada citizen law suit dimana mereka menggugat pemerintah atas penanganan karhutla yang dianggap belum serius, ungkap AKBP Yade.

Lebih lanjut kapolres megatakan bahwa Saat ini sedang musim kemarau. Perlu kita antisipasi terkait karhutla. Tahun 2017 kita dinilai berhasil, tahun 2018 ini harus lebih aktif lagi. Sinergitas dan keterpaduan antar unsur, baik Polri, TNI, Pemkab dan unsur-unsur komunitas masyarakat lainnya sangat vital. “Apel ini juga dalam rangka koordinasi awal, “ujar AKBP Yade.

Setelah apel siaga dan koordinasi awal ini saya harap, kita semua unsur satu visi dan misi dalam rangka menanggulangi karhutla ini. Secara garis besar ada 3 hal yang perlu kita lakukan antara lain Pertama, Pencegahan, 90 % upaya dan sumber daya kita arahkan di bidang pencegahan. Kita semaksimal mungkin mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan. Teknis yg bs dilakukan spt : patroli terpadu, update pemetaan data fire indeks, sosialisasi intens kpd masyarakat, dll.

Kedua, Penanggulangan/ Pemadaman, Kalau sampai terjadi maka kita harus siap melakukan pemadaman. Hari ini semua alat kita gelar dari segala unsur. Kapanpun dibutuhkan personel dan sarpras harus siap.

Ketiga, Mitigasi, Pengurangan/peringanan akibat karhutla yg dialami masyarakat. Ini juga kita harus siap. Minimalisir dampak api, dampak kesehatan, dampak lingkungan dan dampak psikologi.

Turut hadir dalam Apel gelar pasukan kesiapsiagaan selaku Inspektur Upacara Kapolres Malang AKBP Yade setiawan Ujung, SH, SIk, MSi bersama Dandim 0818/ Kab. Malang – Batu, Sekda Kab. Malang, Adm Perhutani Kab Malang, Danru Polhut Perhutani Kab. Malang, PJU Polres Malang, Kapolsek Jajaran Polres Malang, Kepala BPBD Kab Malang

(D.Manurung)

Komentar

Berita Terkait