Antisipasi Arus Mudik Lebaran, Polres Lumajang Bersama TNI, Siaga Pos Penjagaan

Detiknews.id Lumajang – Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH, SIK, MM, MH serta Letkol Inf. Ahmad Fauzi selaku Dandim 0821 Lumajang mengecek kesiapan pos pelayanan serta pos pengamanan yang didirikan di beberapa titik di wilayah Lumajang untuk menghadapi mudik 2019. Dengan menggunakan trail, keduanya memimpin patroli bersama yang melibatkan hampir 50 personil baik dari TNI maupun Polri tersebut.

Seusai apel di Makodim 0821 Lumajang, rombongan langsung bergerak ke pos pelayanan pertama yang di dirikan di depan Pos Quick Response Sabhara Polres Lumajang yang berada di Jalan PB Sudirman. Dalam lawatan yang pertama ini, baik Kapolres maupun Dandim memberikan sedikit bantuan berupa makanan biskuit bagi anggota yang menjaga di pos pam tersebut.

Foto : Patroli Kamseltibcar di Wilayah Polres Lumajang – detiknewsid/m9

Seusai pemberian tersebut, rombongan pun melanjutkan ke arah utara yakni di Pos Pam Terminal Minak Koncar. Tak seperti tahun tahun yang lalu, di Terminal Minak Koncar tahun ini dibangun pos pengamanan.

Baca Juga
Polres Lumajang Maksimalkan Blue Light Patrol Cegah Tindak Kriminal

Sedangkan Pos Pelayanan di bangun di depan Rumah Makan Brazil yang berada di wilayah Kecamatan Kedung Jajang. Seusai memberikan bantuan berupa biskuit, selanjutnya rombongan langsung ke ujung utara Kabupaten Lumajang untuk memantau langsung pos pengamanan yang dibangun di Pasar Gedang Ranuyoso tepatnya di Desa Wates Wetan.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH, SIK, MM, MH menyatakan, kami sangat siap menghadapi arus mudik tahun ini. Setelah saya cek bersama pak Dandim, seluruh pos pengamanan dan juga pos pelayanan mudik 2019 telah terbangun.

” Saya sangat optimis dengan adanya pos pos tersebut, dapat mempercepat penanganan yang dibutuhkan para pemudik jika memang mengalami permasalahan di jalan serta yang bersifat membutuhkan bantuan kami. Yang pasti anggota telah siap 24 jam di lapangan untuk membantu para pemudik di jalan,” ungkap Arsal.

Baca Juga
Satlantas Polres Lumajang Terima Penghargaan dari Dirlantas Polda Jatim

Lebih lanjut, pria lulusan Akademi Kepolisian tahun 1998 ini juga menghimbau para pemudik agar mempertimbangkan kembali jika akan melakukan mudik dengan menggunakan roda dua.

” Meskipun sepeda motor adalah modal transportasi yang cukup irit, saya menghimbau kepada calon pemudik untuk lebih memilih menggunakan kendaraan umum. Selain lebih aman, roda dua juga tidak di desain untuk perjalanan yang cukup jauh,”  pungkas Kapolres Lumajang. Kamis (30/05/2019)

Dandim menambahkan, pernyataan Kapolres pun juga siap membantu Polri untuk menjaga keamanan menghadapi arus mudik tahun ini. Bukan hanya tradisi milik umat muslim, mudik telah menjadi tradisi seluruh wakyat Indonesia untuk pulang ke kampung halaman.

Foto : Cek Pos Pantau Polres, TNI dan Jajaran – detiknewsid/m9

” Saya sebagai Dandim 0821 Lumajang bersama seluruh anggota saya siap menjaga para pemudik. Saya juga menghimbau kepada para pemudik agar beristirahat di pos pengamanan maupun pos pelayanan yang telah dibangun jika lelah dalam perjalanan. Jangan dipaksa berkendara jika sudah letih, ingat sanak saudara menunggu di rumah,” himbau Ahmad Fauzi.

Baca Juga
Kapolres Lumajang Fungsikan Pos Satkamling, Patroli Presisi Jogo Deso

Selain memberikan biskuit Kapolres dan juga Dandim menyempatkan diri untuk memantau situasi terkini kepadatan kendaraan dalam Mudik 2019. Kunjungan pun akhirnya di akhiri di Pos Pelayanan di RM Brazil, Kedungjajang.

Di pos ini, disediakan cukup lengkap fasilitas mulai dari truk derek dari Dinas Perhubungan, Klinik Kesehatan, tempat istirahat serta tempat parkir yang cukup luas. Kapolres dan Dandim serta rombongan pun akhirnya melaksanakan buka bersama di tempat tersebut. Tampak sinergitas yang nyata antara TNI dan POLRI dalam menghadapi arus mudik maupun balik 2019 ini. (M9)

Komentar

Berita Terkait