BKKBN Jatim dan Dinas P3AP2KB Probolinggo Bentuk SSK, Wujudkan Indonesia Emas 2045

BKKBN

Detiknews.id Probolinggo – BKKBN Provinsi Jawa Timur kolaborasi dengan Dinas P3AP2KB Kabupaten Probolinggo, mengadakan fasilitasi pembentukan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) pada beberapa sekolah di Kabupaten Probolinggo.

BKKBN Jatim melaksanakan ini dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045. SSK adalah salah satu upaya nyata yang bisa dilakukan untuk memberikan pengetahuan terkait kependudukan, kesehatan reproduksi, anti narkoba, pencegahan pernikahan anak. Serta problematika lain, kepada generasi muda melalui jalur pendidikan formal di sekolah.

Hadir pada acara tersebut Kepala Dinas P3AP2KB Kab. Probolinggo, Hudan Syarifudin, Perwakilan BKKBN Jatim diwakili oleh Toma Afriandi, Perwakilan Dinas Pendidikan, Kementrian Agama Cabang Probolinggo dan Cabang Dinas Pendidikan serta Perwakilan Kepala Sekolah dari beberapa sekolah di Kab. Probolinggo.

Kepala Dinas P3AP2KB Kab. Probolinggo, Hudan, menuturkan, Indonesia akan menuju Indonesia Emas pada tahun 2045. Dalam 21 tahun mendatang, generasi muda yang saat ini kita didik akan menjadi pilar penting pembangunan bangsa.

“Kita harus memastikan mereka memahami dan peduli terhadap masalah kependudukan sejak dini,” kata Hudan.

Ia melanjutkan, pembangunan berbasis keluarga adalah pondasi utama dalam menangani masalah kependudukan di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, narasumber BKKBN Jawa Timur, Toma Afriadi menjelaskan bahwa inti dari SSK adalah mengintegrasikan materi kependudukan ke dalam mata pelajaran yang ada di sekolah.

“Guru akan mendapat pengembangan kompetensi dan menyusun bahan pembelajaran yang terintegrasi dengan materi kependudukan,” ujar Toma.

Acara diakhiri dengan diskusi dan Tanya jawab terkait beberapa hal teknis dalam pelaksanaan SSK di Kabupaten Probolinggo. (M9)

Komentar

Berita Terkait