Lions International Indonesia District 307 B2 Baksos Eco Enzyme Bersama Pasmar 2 di HUT ke-23

Eco Enzyme

Detiknews.id Sidoarjo – Lions International Indonesia District 307 B2 berkolaborasi dengan Pasukan Marinir (Pasmar) menggelar Bakti Sosial (Baksos) kepada masyarakat Desa Wisata Bahari Tlocor binaan Pasmar 2 Sidoarjo.

Maria K. Andriana selaku Global Service Team Distric Coordinator Lion (GST DC) memberikan Baksos Eco Enzyme / M9

Baksos ini diberikan bertepatan dengan HUT ke-23 Pasmar 2 Tahun 2024. Menghadirkan, Liliana Wati selaku Second Vice Distric Gubernur Lion (SVDG), Maria K. Andriana selaku Global Service Team Distric Coordinator Lion (GST DC), dan Anna Flo sebagai Ketua panitia.

Kegiatan Baksos meliputi menyebarkan Eco Enzyme yang dituang di muara sungai sebanyak 3 ton dan membantu pemberian beras sebanyak 1 ton untuk penduduk desa Tlocor binaan Pasmar.

Lions International Indonesia District 307 B2 Baksos Eco Enzyme Bersama Pasmar 2 di HUT ke-32 / M9

Maria K. Andriana selaku Global Service Team Distric Coordinator Lion (GST DC) menuturkan, Eco Enzyme itu penting. Ini Solusi Ramah Lingkungan untuk Masa Depan.

“Saya mohon mari bersinergi membentuk support sistem dari diri kita sendiri, bukan dari orang lain. Bahwa dari kebersihan lingkungan hidup itu terutama sangat penting, merawat bumi demi masa depan anak-anak kita semua,” tuturnya.

Menurutnya, kebutuhan akan solusi ramah lingkungan juga semakin mendesak. Salah satu solusi yang mulai mendapat perhatian adalah penggunaan eco enzyme. Eco enzyme merupakan campuran fermentasi yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti sisa-sisa buah, sayur, dan gula.

“Namun, kegunaannya jauh lebih luas daripada sekadar sebagai pengganti pembersih kimia di rumah,” terang Maria. Minggu (25/02/2024)

Maria juga menjelaskan, Eco enzyme adalah salah satu solusi yang menjanjikan dalam upaya menjaga lingkungan. Dengan memanfaatkannya, dapat mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya, mengurangi limbah organik, dan mendukung pertanian organik serta sistem pengolahan limbah yang lebih berkelanjutan bagi planet.

“Saya yakin, kita semua sudah sadar akan kebersihan lingkungan, dan juga sadar ikut merawat bumi melalui dari diri kita sendiri yaitu menjaga lingkungan di rumah kita masing-masing, dan memilah-milah sampah,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Komandan Pasmar 2 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Muhammad Nadir, M.Tr.Opsla melalui Wadan Pasmar 2 Kolonel TNI (Mar) Eddy P, mengatakan, selama 23 tahun pengabdiannya, Pasmar 2 Korps Marinir selalu berupaya untuk menjadi kekuatan strategi yang dapat diandalkan guna menjaga tetap tegaknya NKRI dan kewibawaan bangsa.

“Pasmar 2 Korps Marinir senantiasa berupaya untuk berperan aktif dalam membantu masyarakat dengan kegiatan-kegiatan sosial dan kemanusiaan dan bekerjasama dengan mitra, dalam hal ini Lions International Indonesia Distrik 307 B2,” jelasnya.

Lanjutnya, sebagai bukti dari kepedulian Pasmar 2 Korps Marinir, maka di hari jadinya yang ke-23 yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2024, Pasmar 2 Korps Marinir bekerja sama dengan Lions International Indonesia Distrik 307 B2 mengadakan kegiatan Bakti Sosial berupa pemberian bantuan sembako kepada masyarakat sekitar Dusun Tlocor dan penyebaran cairan ECO Enzim di muara sungai.

“Saya merasa bangga dengan Lions International Indonesia Distrik 307 B2, telah peduli. Hendaknya dapat dijadikan sebagai contoh dan suri tauladan bagi kita semua. Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi bagian dari agenda Lions Club untuk kegiatan yang berkelanjutan, dan bagi masyarakat Dusun Tlocor dapat memberi manfaat dan keberkahan dalam menjalin silaturahmi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Maria menjelaskan, Bagaimana Cara Membuat Eco Enzyme yang sangat mudah, tetapi tanamkan dulu kedisiplinan di diri kita untuk menjaga kelestarian lingkungan. Sehingga dampaknya dapat mengurangi kerusakan bumi dan kita dapat terhindar dari bencana-bencana alam yang merugikan diri kita sendiri.

“Eco Enzyme pembuatannya relatif mudah dan dapat dilakukan di rumah. Adapun bahan-bahan yang diperlukan antara lain sisa-sisa buah dan sayur, gula, dan air. Campurkan semua bahan tersebut dalam sebuah wadah tertutup dan biarkan fermentasi berlangsung selama beberapa minggu atau bulan. Proses fermentasi ini akan menghasilkan cairan berwarna coklat keemasan yang siap digunakan,” paparnya.

Maria menambahkan, manfaat Eco Enzyme adalah Mengurangi Limbah Organik, Alternatif Ramah Lingkungan dibandingkan dengan produk pembersih kimia, dan Pengurang Emisi Karbon.

“Selain itu Eco Enzyme juga bisa digunakan sebagai Pembersih di rumah kita, Pertanian Organik sebagai pupuk atau pestisida, Pengolah limbah Industri dan Pembersih air lebih aman sebelum dibuang kembali ke lingkungan,” pungkasnya. (M9)

Komentar

Berita Terkait