Lions Club Surabaya Patria District 307 B2, Cegah Stunting Ciptakan Generasi Emas dan Sehat  

Detiknews.id Surabaya – Lions Club Surabaya Patria menggelar kegiatan Bhakti Sosial Terintegrasi untuk yang ke dua kalinya, yaitu Hunger, Diabetes, Vision, Environtment dan Layanan Balita Stunting.

Lions Clubs Surabaya Patria , turut mendukung terwujudnya Generasi Indonesia Emas, dengan program pencegahan stunting pada 1000 hari kehidupan pertama pada Balita

Kegiatan terintegrasi yang dilaksanakan di area sekitar Griya Anak Patria, jalan Sememi Jaya Selatan, Kecamatan Benowo di Surabaya ini, dihadiri juga oleh Camat Benowo, Bapak Deny Christupel Tupamahu, AP, SH, SE, M.Si, M.H, M.Psi, Miss Global Indonesia dan Miss Aesthetic Indonesia.

Berkenaan dengan program Stunting, President Lions Club Surabaya Patria, Dr. Saksono W. Simson menjelaskan, bahwa sekarang ini kami concern dengan tumbuh kembang anak, khususnya sejak 1000 hari kehidupan pertama. kegiatan yang dilakukan mencakup anak- anak dengan gizi kurang, gizi buruk, pra-stunting dan stunting.

“Jadi, program yang diberikan adalah pemberian makanan tambahan tinggi kalori & protein, susu , multivitamin dan juga pendampingan oleh kader , yang bekerjasama dengan Pemkot melalui Puskesmas setempat dan kecamatan Benowo, beserta kadernya,” tuturnya.

Tidak hanya itu layanan balita stunting , dari Lions Club Surabaya Patria ini, diberikan kepada 54 anak, dimana masing masing anak diberikan : susu , makanan pendamping tinggi kalori & protein , multivitamin syrup & untuk ortunya diberikan bantuan beras & telur.

Untuk Vision, dilakukan screening mata untuk 33 anak kelas 5-6 SD dari MI Bahrul Ulum , mereka akan diberikan kacamata sesuai kebutuhannya secara cuma cuma.

Untuk kegiatan Environment, dilakukan penanaman bibit buah Naga sebanyak 40 buah, ditanam dalam pot percontohan , nanti akan dibudidayakan di sekitar area Griya Anak Patria, agar lingkungan menjadi lebih hijau & juga bernilai ekonomis .

Kegiatan untuk program diabetes , dilakukan screening gula darah utk warga usia lebih dari 50 thn , sebanyak kurang lebih 100 orang juga diberikan edukasi, pemberian multivitamin, susu & gula diabetasol.

Ditambahkan, kegiatan bhakti sosial terintegrasi ini dilakukan secara berkelanjutan selama 6-9 bln ke depan serta selalu dilakukan evaluasi secara berkala .

“Harapannya, kegiatan ini bisa menginspirasi semua pihak utk bersama sama dalam memberikan pelayanan & bagi CSR corporate/ BUMN yg ingin bekerjasama dgn Lions Club Surabaya Patria , kami siap utk berkolaborasi & kami mempunyai historycal data yang cukup lengkap & tervalidasi,” jelasnya.

Lions Club Surabaya Patria juga melakukan berbagai kegiatan lainnya, salah satunya adalah yang sudah dilakukan setiap hari adalah berbagi makanan gratis yaitu Jalan Ngagel Madya, Ex M Radio, dimana setiap harinya memberikan makan siang gratis sebanyak 130 – 150 porsi, nasi dengan lauk & sayur yang memenuhi cakupan gizi yg seimbang & minuman, sudah mengcover 50 ribu porsi & kami sedang menuju utk bisa memberikan 100 ribu porsi.

Saat rekan rekan media mewancarai pak Camat di sela sela kegiatannya, Camat Benowo Denny Christupel Tupamahu mengungkapkan, kami mengucapkan terimakasih kepada Lions Club Surabaya Patria yang telah peduli kepada warga Sememi Kecamatan Benowo.

“Selain kami melakukan kegiatan rutin untuk warga, Lions Club Surabaya Patria yang telah memberikan beragam kegiatan sosial secara gratis kepada warga Sememi. Seperti pembagian sembako, pengobatan gula darah, pemeriksaan mata, pembagian tanaman dan pembagian vitamin untuk anak stunting. Kami berpesan kepada masyarakat tetap semangat menjaga kesehatan, dan selalu mengikuti pola hidup yang sehat,” paparnya.(red)

Komentar

Berita Terkait