Ketua LMP Mada Jabar : Jaga Keutuhan Persatuan dan Kesatuan Mari Tingkatkan Rasa Nasionalisme Generasi Muda

Detiknews.id – Anggota ormas Laskar Merah Putih diminta terus berkomitmen serta berpedoman pada nilai-nilai nasionalisme dan kebangsaan pemuda Indonesia dalam menghadapi “pertarungan” ditingkat nasional maupun global. Nasionalisme juga berperan sebagai ideologi dan identitas. Ideologi berarti sebagai pedoman bagi warga negara agar memiliki nasionalisme. Jika seorang warga negara tidak memiliki sikap nasioalisme maka sama saja ia tidak memiliki identitas dan tidak akan diakui oleh dunia internasional.

Hal tersebut disampaikan Ketua Laskar Merah Putih Jawa Barat, Ukur Purba, ST dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Jadi Laskar Merah Putih yang ke-18 dan Diklatsar Bela Negara Cikole 27 S/d 28 Oktober 2018.

Dalam memenuhi kepentingannya, Ormas Laskar Merah Putih siap membantu negara dalam menumbuhkan nasionalisme sebagai landasan. Selain berperan dalam mempertahankan jati diri bangsa, nasionalisme turut memiliki peranan besar dalam globalisasi. Globalisasi dapat menyatukan sebuah bangsa dengan nasionalismenya untuk memperkenalkan jati diri dan identitas bangsa serta memajukan Negara Indonesia di kancah dunia, itulah mengapa nasionalisme memiliki peranan penting dalam kancah internasional, tegas Ukur Purba dalam pesan tertulisnya kepada awak media ini, Kamis (01/11/2018).

Baca Juga
Tanamkan Nasionalisme, Satgas Yonif R 408 dan Warga Kibarkan Merah Putih di Bukit Haoljab

Lanjut Ukur Purba, ST, sekaligus Ketua Laskar Merah Putih Markas Daerah Jawa Barat (LMP Mada Jabar) mengajak pemuda Inodnesia yang juga sebagai calon penerus perjuangan dan pembangunan bangsa di masa yang akan datang, karena generasi muda merupakan satu-satunya harapan bangsa untuk membangun Indonesia bisa lebih maju lagi, pungkasnya.

Selain itu, Ketua LMP Mada Jabar itu juga memberikan saran kepada masyarakat dan pemerintah untuk lebih mengupayakan peningkatan nasionalisme di kalangan generasi muda Indonesia, dan untuk dapat memupuk kembali semangat nasionalisme bangsa Indonesia, salah satunya bisa juga dengan lebih menekankan pada pembenahan bidang perekonomian terlebih dahulu supaya tingkat kemiskinan kita berkurang. Karena jika kita sudah menjadi bangsa yang adil dan sejahtera rasa nasionalisme kita pun akan tinggi dan rakyat semakin bangga dengan bangsa dan negara Indonesia tercinta ini, tutur Ukur Purba.

Baca Juga
Cerita Pengalaman Tugas, Prajurit Yonif 126 Tanamkan Nasionalisme Bagi Anak SD

“Sejak didirikannya, Laskar Merah Putih terus berkomitmen dan berpedoman pada nilai-nilai nasionalisme dan falsafah hidup bangsa untuk menumbuhkan semangat kepada Pemuda Indonesia dalam mendukung pembangunan,” ungkapnya.

Ukur Purba juga mengatakan bahwa peran organisasi masyarakat turut andil dan membantu dalam memberikan dan menciptakan pemuda yang maju, berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing. “Laskar Merah Putih harus terus berpegang dan menjalankan peran ormas tersebut dengan sebaik-baiknya,” tandas Ukur Purba.

Masyarakat, khususnya generasi muda adalah penerus bangsa. Bangsa akan menjadi maju bila para pemudanya memiliki sikap nasionalisme yang tinggi. Nasionalisme sangat penting terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara karena merupakan wujud kecintaan dan kehormatan terhadap bangsa sendiri. Dengan hal itu, pemuda dapat melakukan sesuatu yang terbaik bagi bangsanya, menjaga keutuhan persatuan bangsa, dan meningkatkan martabat bangsa dihadapan dunia, tutur Ukur Purba, ST menbgakhiri.

Baca Juga
Sikapi Permasalahan dan Tantangan Bangsa, Kodam XVIII/Kasuari Gelar Sarasehan Bintaltrajuang

(Manurung)

Komentar

Berita Terkait