Pangdam XII/Tpr Bersama Kapolda Kalbar Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019

Detiknews.id – Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab dan Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Irjen Pol Didi Haryono memimpin Apel Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019 di Provinsi Kalimantan Barat yang dilaksanakan Alun-Alun Kapuas, Jalan Rahadi Oesman, Pontianak. Jumat (12/4/19)

Apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu 2019 diikuti oleh TNI-Polri di Kalbar sebanyak 3500 personel yang terdiri dari 1600 personel TNI, 1900 personel Polri. Dengan tema “Soliditas TNI dan Polri Dukung Seluruh Komponen Masyarakat Siap Menjaga NKRI Tetap Jaya”.

Dalam sambutannya Pangdam XII/Tpr mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wujud kesiapan Kodam XII/Tpr dan Polda Kalbar yang sudah bekerjasama mengamankan semua tahapan Pemilu tahun 2019 di wilayah Kalimantan Barat. Sinergitas yang dibangun antara Kodam XII/Tpr, Polda Kalbar dan semua komponen, sudah mengantarkan wilayah Kalbar dalam situasi kondusif dan siap melaksanakan Pemilu.

Baca Juga
Safari Ramadhan Kapolri Bersama Panglima TNI di Wilayah Sumatera Utara

“Selain itu juga apel ini sebagai bentuk tanggung jawab Kodam XII/Tpr dan Polda Kalbar dalam mengawal Pemilu yang berdaulat tahun 2019,” ujar Pangdam XII/Tpr.

Kepada media Pangdam XII/Tpr menyampaikan, apel pada hari ini adalah keempat kalinya dilaksanakan dalam rangka gelar pasukan pengamanan pemilu Presiden dan pemilu Legislatif baik tingkat pusat provinsi maupun kabupaten/kota.

Dalam hal ini Kodam XII/Tpr telah menyiapkan sebanyak 6800 personel untuk pengamanan pilpres dan pilleg dalam rangka mendukung pemerintah daerah dan kepolisian apabila terjadi hal-hal prinsip dalam pelaksanaan Pemilu.

Sedangkan Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono dalam sambutan mengajak kepada personel TNI-Polri, untuk menjadikan apel gelar pasukan ini sebagai momentum menyatukan tekad dan komitmen untuk memberikan contoh dan membuktikan kepada masyarakat, bahwa TNI-Polri bersama seluruh unsur Stakeholder siap mengawal, mengamankan serta mensukseskan Pileg dan Pilpres 2019.

Baca Juga
Pernyataan Kodam XVII/Cenderawasi Tentang Issue Serangan Udara Oleh Pasukan Gabungan TNI-Polri di Nduga

Usai dilaksanakan apel, Pangdam XII/Tpr bersama Kapolda Kalbar didampingi Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat mengecek kesiapan personel serta sarana dan prasarana yang akan dikerahkan dalam pengamanan. Selain itu juga dilaksanakan kegiatan Patroli Bersama TNI-Polri yang dilepas secara langsung oleh Pangdam XII/Tpr dan Kapolda Kalbar.

Pewarta : Daniel

Komentar

Berita Terkait