- Advertisement -

Batik Fair Meningkatkan Ekonomi Jawa Timur Kata Arumi Bachsin

0 1.065
Foto : Wakil Gubernur Jatim saat pembukaan Pameran – detiknewsid/m9

Detiknews.id – Batik merupakan salah satu seni budaya Industri Kreatif di Jawa Timur. Keberadaan batik bordir dan aksesoris di Jatim memiliki peran yang sangat penting bagi perekonomian di Jatim. Bahkan, eksistensinya menjadi tulang punggung industri kreatif di Jatim.

Menghadirkan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat membuka Batik Bordir dan Aksesoris Fair 2019 di Grand City, Surabaya, Rabu (10/04/2019).

Ad Kapolda Jatim
Banner In Content 1

Ia mengatakan, industri kreatif lewat batik bordir dan aksesoris yang di dominasi oleh sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Jatim terbukti mampu bertahan dari terjangan krisis ekonomi.

Foto : Wakil Gubernur sedang berpidato – detiknewsid/m9

“Industri kreatif di Jatim tersebut sebagian besar di dominasi oleh kaum ibu-ibu rumah tangga yang sangat produktif dan kreatif. Menurutnya, dengan adanya industri kreatif seperti batik bordir dan aksesoris dapat memberdayakan ekonomi perempuan di Jatim,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Dekranasda Prov. Jatim Arumi Bachsin mengatakan, peran ibu-ibu dalam kegiatan UMKM dan industri kreatif saat ini telah mampu menjadi tumpuan ekonomi keluarga.

Foto : Wakil Gubernur dan Ketua Dekranasda beserta Forkopimda Jatim – detiknewsid/m9

“Peran, ibu-ibu sebagai pilar keluarga dalam kegiatan industri kreatif seperti ini bisa turut berkontribusi bagi terciptanya ekonomi keluarga. Ibu-ibu menjadi salah satu tumpuan ekonomi keluarga. Maka, Pemprov Jatim akan terus mendorong dan bermitra dengan Dekranasda Prov. Jatim agar lebih produktif,” tegasnya.

Ketua Dekranasda Provinsi Jatim Arumi Bachsin menambahkan, Pameran Batik, Bordir dan Aksesoris Fair Tahun 2019 mengangkat tema “Batik Sogan Terakota Jawa Timur”. Tema tersebut dimaksudkan untuk memperkenalkan warna indah Batik Sogan Jatim yang terinspirasi dari warna bata Kerajaan Majapahit. (M9)

Comments
Loading...