Peringati Hari Kesehatan Dunia, Yonif 755/Kostrad Peduli Ibu Hamil dan Balita

Detiknews.id – Dalam Rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia yang jatuh pada tanggal 7 April 2019, Satgas Yonif 755 Kostrad bersama anggota kesehatan Kabupaten Mappi memberikan bantuan vaksin Polio terhadap anak balita serta bantuan pengobatan gratis kepada masyarakat khususnya ibu hamil.

Hal tersebut disampaikan Danyonif 755/Yalet Kostrad Mayor Inf Agus Rediyanto, S.E dalam rilis tertulisnya di Merauke, Senin (8/4/2019).

Diungkapkan oleh Agus bahwa berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO), sejak tahun lalu Negara PNG dinyatakan mengalami wabah Polio. Sedangkan masyarakat yang berada di wilayah papua terutama di kawasan pedalaman sangatlah minim pengetahuan tentang penyakit Polio.

Menurutnya, Polio merupakan penyakit yang bisa menimbulkan kelumpuhan yang akhir-akhir ini banyak terjadi di PNG, tak hanya itu penyakit ini bahkan banyak menyerang anak dan rentan terhadap kematian

Baca Juga
BMH Jatim Peduli Gizi, Ratusan Paket Sehat untuk Anak dan Balita

“Maka dari itu Satgas 755 Kostrad bertekad untuk menjemput bola berkeliling pelosok wilayah Kabupaten Mappi guna memberikan vaksin Polio yang setidaknya dengan begitu bisa mencegah penyakit tersebut kepada anak ketika usianya masih dini,” ungkap Agus.

“Kegiatan ini tentunya tidak dapat dilakukan sendiri, kita butuh kerjasama dengan pemda dan pihak terkait karena melihat kondisi wilayah dan medan yang cukup sulit untuk dilewati, namun dengan begitu tidak sedikitpun menyurutkan semangat kita untuk membantu saudara-saudara kita di wilayah pedalaman papua,” imbuhnya.

Perlu diketahui bahwa Vaksinasi pada saat balita sangat membantu pencegahan polio pada masa depan, sebab polio akan menjadi lebih berbahaya jika diderita oleh orang dewasa.

Baca Juga
Satgas Yonif 755 Kostrad Bersama Anak-Anak Disabilitas Laksanakan Upacara Bendera Pertama Kali di Mimika

Kepala Bidang Gizi Puskesmas Kabupaten Mappi, Patrialis (40 th), mengatakan pada saat ini program dinas kesehatan yang gencar dilakukan yaitu melakukan vaksin Polio kepada Balita dan masyarakat Kabupaten Mappi.

“Saya mewakili pemerintah Kabupaten Mappi ingin menyampaikan banyak terima kasih kepada Satgas 755 Kostrad, karena hal ini merupakan atensi dari Bupati Mappi agar tidak tertular dampak penyakit Polio bagi balita dan lebih khusus kurangnya gizi bagi ibu-ibu hamil,” ucapnya.

Pewarta : Daniel

Komentar

Berita Terkait