Bersama Panglima TNI, Kapolri Tinjau Penanganan Pasca Bencana Banjir Bandang di Sentani

Detiknews.id – Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Tiba di Bandara Sentani Jayapura, Sabtu, (23/03/2019) sekira pukul 11.45 WIT. Kehadiran Panglima TNI dan Kapolri hari ini ke Jayapura dalam rangka melaksanakan peninjauan penanganan pasca bencana alam banjir bandang di Sentani Jayapura.

Setibanya di Jayapura, Kapolri dan Panglima TNI beserta rombongan transit dan menerima Paparan perkembangan penanganan pasca bencana banjir bandang sentani yang disampaikan Oleh Danrem 172/PWY Kolonel Inf Jonathan Binsar Parluhutan Sianipar. Dalam paparannya, Danrem menyampaikan penanganan bencana banjir bandang dan tanah longsor ini sudah berlangsung dan sudah didirikan posko inti terpadu terbagi menjadi satgas satgas yang melibatkan semua unsur terkait sehingga komunikasi dapat berjalan dengan baik dan mempermudah dalam proses evakuasi dan penyerahan bantuan serta proses recovery.

Dalam kesempatan tersebut Kapolri menyampaikan apresiasi atas penanganan bencana alam banjir bandang ini dengan didirikannya Posko Terpadu yang terdiri dari beberapa Satgas. Kapolri menambahkan agar dalam proses perawatan Korban Luka Berat seperti patah tulang agar ditangani di Rumah Sakit besar seperti dibawa Ke Jakarta agar penanganannya cepat dan baik.

Baca Juga
Panglima TNI : Berkat Kerja Sama TNI dan Polri Mampu Meredam Kerusuhan

Setelah kegiatan di VIP Room Bandara Sentani selesai, Kapolri beserta rombongan bergeser menuju Mako Yonif Raider 751. Kapolri dan Panglima beserta rombongan kemudian melaksanakan peninjauan ke asrama Mako Yonif Raider 751 yang terkenan dampak banjir bandang yang cukup parah.

Selain melaksanakan peninjauan, Panglima TNI dan Kapolri menyampaikan apresiasi kepada anggota TNI dan Polri yang atas semangat dan dedikasi dalam menolong dan mengevakuasi korban bencana banjir bandang. Selain itu Kapolri juga memberikan bantuan langsung yang diterima oleh Danyon Raider 751. Selesai meninjau Mako Yonif Raider 751, Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan melaksanakan peninjauan di Asrama TNI AU yang berada di komplek Mako Lanud Silas Papare.

Panglima TNI dan Kapolri disambut langsung oleh Danlanud Silas Papare Marsma TNI Ir.Tri Bowo Budi Santoso, M.M.,M.Tr.(Han). Danlanud menyampaikan beberapa bangunan asrama dan Mess personel banyak yang mengalami rusak berat sehingga diperlukan percepatan perbaikan dan pembangunan agar anggota dapat melaksanakan tugas dengan baik. Peninjauan di asrama Mako Lanud Silas Papare diakhiri dengan penyerahan bantuan langsung yang diserahkan oleh Kapolri dan diterima oleh Danlanud Silas Papare.

Baca Juga
Gerbong Mutasi TNI Kembali Bergerak

Kegiatan selanjutnya Kapolri dan Panglima TNI menuju Komplek DPRD jayapura dan meninjau posko trauma healing anak anak korban bencana banjir bandang. Kapolri dan Panglima TNI disambut hangat nyanyian dari anak anak Korban Bencana Banjir Bandang. Kapolri dan Panglima TNI melaksanakan dialog serta memberikan semangat dan motivasi kepada para anak anak yang menjadi korban bencana.

“Siapa yang mau jadi tentara?, siapa yang ingin menjadi Pilot?” Tanya Panglima TNI. Kemudian seluruh anak anak menjawab dengan gembira dan mengacungkan tangan. Selain itu Kapolri juga memberikan pesan kepada anak anak korban bencana banjir bandang agar tetap semangat dan pemerintah akan segera memperbaiki sekolah sekolah sehingga adik adik dapat terus belajar dengan baik.

Baca Juga
Kapolri Launching Vaksinasi Merdeka Anak Target 2,5 Juta Dosis, Dihadiri Kapolda Jatim

Kegiatan diakhiri dengan peninjauan Posko Kesehatan dan Posko Induk Penanggulangan bencana banjir bandang. Selesai meninjau Posko Induk, Kapolri dan Panglima TNI memberikan bantuan secara simbolis kepada Bupati dan Wakil Bupati Jayapura untuk para Korban Bencana Banjir di Sentani Jayapura.

Acara ditutup dengan Doorstop, Dalam doorstop ini Panglima TNI menyampaikan kehadiran Kapolri dan Panglima TNI meninjau penanganan pasca bencana banjir bandang memastikan bahwa pemerintah hadir serta proses evakuasi dan proses perbaikan dapat berjalan dengan lancar dan cepat.

Dalam kunjungan ini Panglima TNI didampingi oleh Asops Panglima, Aslog Panglima, Aster Panglima dan Kapuskes TNI. Sedangkan Kapolri didampingi oleh Dankor Brimob Polri, Kapusdokkes Polri, Karo Provost Div Propam Polri dan Kabag Penum Div Humas Polri. Turut Hadir dalam kegiatan peninjauan Gubernur Papua, Pangdam Cendrawasih, Kapolda Papua, Pangkoops AU III, Pangkoarmada III, Danlantamal X, Danlanud Silas Papare, Ketua FKUB Papua dan Bupat serta Walikota Jayapura.

Pewarta : Daniel

Komentar

Berita Terkait