Bakamla Bahas Kerja Sama Pelatihan dengan Kodiklatal

Detiknews.id – Direktur Latihan Bakamla Laksma Bakamla Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M. beserta jajaran Direktorat Latihan melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka koordinasi rencana kegiatan kerjasama latihan Bakamla dengan TNI AL tahun 2020. Kedatangan Bakamla diterima langsung oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Dedy Yulianto, di Auditorium Gedung Ki Hadjar Dewantara, Kodiklatal, Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Kamis (28/2/2019).

Kunjungan kerja tersebut dimaksudkan untuk membahas kerja sama terkait pelatihan personel yang melibatkan kedua instansi. Beberapa pelatihan perlu dilakukan untuk meningkatkan kesiapan pengawak penjaga perairan Indonesia, meliputi Latihan Dasar Militer bagi personel Bakamla dan Latihan Kejuruan atau spesialisasi bagi personel Calon Pengawak kapal patroli Bakamla seperti navigasi, komunikasi, senjata, bahari, mesin kapal, radar navigasi, tata boga, Pek Nubika, Scuba Diver, VBSS, Small Boat Operation, dan lain lain.

Baca Juga
Kapal Patroli Bakamla RI dan TNI AL "Gagalkan" Penyelundupan Kokain di Perairan Zee

Dalam pertemuan tersebut, Direktur Latihan Bakamla menyampaikan tentang perlunya pelatihan bagi aparat pengawak Bakamla agar semakin professional dan tangguh dalam menjalankan tugas penjagaan laut dan perairan Indonesia. Untuk itu diperlukan fasilitas, serta sarana dan prasarana latihan yang dimiliki Kodiklatal.

Menanggapi hal tersebut, Laksda TNI Dedy mengatakan siap membantu dan mendukung dengan segala fasilitas pendidikan dan latihan yang ada di Kodiklatal. Menurutnya, sebagai organisasi dengan tugas penjagaan laut, peningkatan kemampuan pengawak organisasi sangatlah dibutuhkan. Turut mendampingi Dankodiklatal dalam pertemuan tersebut yaitu Wadan Kodiklatal Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M. Direktur Umum (Dirum) Kodiklatal Laksma TNI Taat Siswo Sunarto., Direktur Doktrin Kodiklatal Laksma TNI Budi Purwanto dan Paban II Ditdiklat Kolonel Laut (P) H. Yudho Warsono.

Baca Juga
Direktur Operasi Laut Bakamla RI Gelar Kaji Ulang Operasi Bersama 2018

Untuk menindaklanjuti pembicaraan tersebut, Direktur Latihan Bakamla yang didampingi pejabat dan personel Direktorat Latihan juga berkunjung ke Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla), diterima oleh Wadan Kodikopsla Kolonel Laut (P) Alex Syahril. Kesempatan itu dimanfaatkan untuk meninjau sarana prasarana pendidikan yang berhubungan dengan kebutuhan pelatihan yang direncanakan. Turut serta dalam kunjungan yaitu Kasubdit Dukungan LAtihan Kolonel BAkamla Hotma IDP Sirait, S.T., Kasubdit Penyelenggaraan LAtihan Kolonel Bakamla Jukiman Situmorang, S.IK., M.Hum., Kasubdit Perencanaan Latihan Kolonel Bakamla Irwan Shobirin, Kasi Latihan Operasi Udara MAritim Mayor Bakamla Sahlani, S.T., M.Si (Han) beserta staf Serka Bakamla Rizky Setiawan.

Pewarta : Daniel

Komentar

Berita Terkait