Antisipasi Korban Virus Rabies Meningkat, Kab. Dompu NTB Musnahkan 1.078 Ekor Anjing

0 38

Detiknews.id,- Mengantisipasi kasus virus rabies agar tidak memakan banyak korban, maka Pemerintah Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat memusnahkan sebanyak 1.078 ekor anjing liar.

Dari angka tersebut tersebar diseluruh wilayah di Kabupaten Dompu, Pemusnahan anjing-anjing tersebut menggunakan racun dan ditembak menggunakan senapan angin.

Melalui Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Zaenal Arifin mengatakan, dari jumlah anjing-anjing yang dieliminasi tersebut secara keseluruhannya ada yang tidak mengandung virus rabies.

“Sampai saat ini jumlah anjing yang telah dieliminasi sebanyak 1.078 ekor yang tak bertuan yang kita duga mengandung rabies. Itu jumlah yang dicampur oleh laporan mandiri dari masyarakat. Jadi masyarakat juga mengeliminasi anjing liar,” ungkap.Senin (11/02/2019).

Dengan banyaknya masyarakat yang memilihara anjing untuk menjaga lahan sekitarnya, sehingga tercatat berjumlah 10.334 ekor anjing di Kabupaten Dompu, merupakan populasi anjing  terbilang cukup tinggi.

Ia menambahkan, dengan besarnya populasi anjing di Dompu, mempersulit proses eliminasi yang saat ini hanya menggunakan racun saja.

“Dari yang telah kita eliminasi dibandingkan dengan akan populasi sebanyak 10.334 ekor masih jauh untuk memutus rantai rabies ini.  Kita akan libatkan Perbakin untuk mengeliminasi anjing liar. Sekarang kita sedang koordinasi dengan Perbakin.”tambahnya Zainal.

Masuknya virus rabies kewilayah Dompu secara tiba-tiba, menyebabkan pemerintah Kabupaten Dompu tidak memiliki ketersediaan racun maupun alat untuk eliminasi anjing-anjing tersebut.

“Stock racun sekarang kita sudah habis, makanya kita meminta bantuan ke Perbakin. Adanya rabies juga mengagetkan kita, tiba-tiba masuk di wilayah Dompu yang dalam posisi tengah di Pulau Sumbawa. Harusnya kan Sumbawa dulu atau Bima dulu, tapi langsung ke Dompu”.Pungkasnya. (Fr)

Comments
Loading...